BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Dalam era globalisasi seperti saat ini, kemajuan teknologi sudah dinilai sangat pesat. Salah satu bentuk dari kemajuan teknologi bidang komunikasi adalah hadirnya internet. Dalam lingkungan masyarakat saat ini internet merupakan sesuatu yang menjadi bagian yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi lebih luas. Internet menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini karena internet itu sendiri telah mengubah cara-cara tradisional untuk berkomunikasi. Dulu hanya berkomunikasi dengan surat, fax dan telepon. Kini internet menawarkan sejumlah cara-cara baru untuk berkomunikasi. Mulai dari email yang paling sederhana, chatting atau ngobrol di internet, diskusi lewat e-groups, sampai pada voice mail maupun video mail (http://www.komputekonline.com/tren.cfm).
Timbulnya bisnis warnet ini dilihat sangat menguntungkan, karena potensi Malang sebagai kota pendidikan. Penilaian atas pengkonsumsian yang sangat tinggi karena saat ini sekolah-sekolah banyak yang menganjurkan muridnya untuk mengambil tugas dengan data yang diperoleh dari internet. Selain itu penilaian terhadap tingginya minat masyarakat karena saat ini banyaknya perdagangan yang dilakukan dengan jasa internet.
Dengan membuka warung internet akan sangat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengkonsumsinya. Karena masyarakat tidak perlu mendirikan tower di rumah mereka dengan harga mahal atau menyambungkan kabel telepon rumah dengan biaya tinggi untuk mengakses internet di rumah. Masyarakat cukup datang ke warung internet yang ada dan menikmati layanan yang disediakan untuk mengakses internet.
Kualitas memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan, apalagi dengan perusahaa jasa. Karena perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjual produknya berupa pelayanan, maka dari itu dimensi kualitas di sini sangat diutamakan. Perusahaan jasa dan pelayanan lebih menekankan pada kualitas proses, karena konsumen biasanya terlibat langsung dalam proses tersebut ( Zulian Yamit : 9). Dalam jangka panjang ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan konsumen. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di mana perusahaan memaksimumkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan. Pada gilirannya kepuasan pelanggan dapat menciptakan kesetiaan atau loyalitas kepada perusahaan yang memberikan kualitas memuaskan (Tjiptono, 54).
Di Kota Malang persaingan bisnis warung internet sangat tinggi. Karena dapat dilihat disetiap pusat pendidikan yaitu disekitar sekolah maupun kampus banyak didirikan warung internet dengan beragam penawaran yang berbeda dan dikemas secara bagus untuk menarik konsumen. Dengan target market pelajar, terdapat salah satu warung internet yang didirikan di lingkungan sekolahan yaitu NUTXY Internet cafe. Melihat semakin menjamurnya pembuatan warung internet di Kota Malang, NUTXY Internet cafe juga memiliki strategi-strategi khusus untuk menarik dan mempertahankan konsumennya, sehingga menjadi pelanggan yang loyal.
Strategi yang disusun oleh NUTXY sebagai salah satu warung internet di Malang yaitu dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Kualitas telah menjadi harapan dan impian bagi semua orang baik konsumen maupun produsen.
Dengan melihat dinamika seperti yang telah diutarakan di atas, maka sangat penting untuk lebih lanjut dilakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Internet NUTXY Malang".
I.2 Perumusan Masalah
Konsumen berhak memilih sejauh mana dia mendapatkan kepuasan dan sejauh mana dia merasakan ketidakpuasan terhadap jasa yang diberikan oleh perusahaan. Dalam bisnis penjualan jasa, setiap bentuk pelayanan akan selalu dinilai oleh konsumen sebagai wujud kepuasan maupun ketidakpuasan dia sebagai pengkonsumsi. Hal inilah yang nantinya akan dijadikan masukan untuk warung internet NUTXY dalam meningkatkan pelayananannya. Adapun rumusan masalah pada warung internet NUTXY adalah:
- Bagaimana pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Warung Internet NUTXY Malang?
- Dimensi kualitas pelayanan apakah yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan?
No comments:
Post a Comment