BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Anak-anak dengan gangguan pendengaran merupakan fenomena yang tidak dapat dihindari. Mereka juga perlu mendapatkan perhatian khusus seperti anak-anak yang normal lainnya. Bisa belajar, bisa bermain dengan teman yang normal. Biasanya anak dengan gangguan pendengaran sulit beradaptasi. Mereka cenderung bermain sendiri dari pada bermain bersama karena akan sulit kerjasama, mereka menggunakan bahasa isyarat dan cenderung digunakan dengan teman yang mempunyai gangguan pendengaran juga.
Di Propinsi Jawa Tengah sekarang ini kurang lebih ada 134 yayasan / lembaga yang telah menyelenggarakan SLB/SDLB dan tersebar di 27 daerah tingkat II.
Tabel 1.1 Rekapitulasi Sekolah dan Siswa Menurut Jenjang Pendidikan
Dinas P dan K Provinsi Jawa Tengah Tahun 2005/2006
No | Jenjang Sekolah | Sekolah berijin | Jml siswa | Sekolah blm berijin | Jml Siswa | Total Sekolah | Total Siswa |
1 | TKLB | 71 | 857 | 2 | 6 | 73 | 863 |
2 | SDLB | 119 | 5.810 | 3 | 36 | 122 | 5.846 |
3 | SMPLB | 87 | 1.166 | 1 | 15 | 88 | 1.181 |
4 | SMALB | 52 | 483 | 0 | 0 | 52 | 483 |
Jml | 329 | 8.316 | 6 | 57 | 335 | 8.373 |
Menurut perkiraan di seluruh Indonesia ada 2 juta anak berkelainan tetapi baru 8000 yang mendapat pelayanan. Departemen P dan K Provinsi Jawa tengah telah membina sekolah-sekolah luar biasa.
- Bagian A ( Tuna Netra ) sebanyak 23 sekolah.
- Bagian B ( Tuna Rungu, Tuna Wicara ) sebanyak 55 sekolah
- Bagian C ( Tuna Mental Lambat Belajar ) sebanyak 35 sekolah.
- Bagian D ( Tuna Laras / anak nakal ) sebanyak 10 sekolah.
Pendidikan gangguan pendengaran sendiri sangat banyak diselenggarakan, hal ini merupakan bukti masih banyaknya anak-anak yang perlu diperhatikan dalam hal pendidikan sebagaimana anak-anak normal yang lainnya. Keterbatasan yang dialami anak-anak ini tidak mengurangi hak-hak mereka untuk memperoleh pendidikan sebagaimana teman mereka yang normal. Tentang sistem Pendidikan Nasional yang terdapat pada pasal:
- Pasal 5 ayat 2 : Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan sosial berhak memperoleh pendidikan khusus.
- Pasal 11 ayat 1 : Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi.
- Pasal 12 ayat 1 butir b : Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.
- Pasal 32 ayat 1 : Pendidikan Khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
- Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 001/U/1986 tentang Sekolah Dasar Luar Biasa.
- Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0126/U/1994 tentang Kurikulum Pendidikan Luar Biasa.
- Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 002/U/1986 tentang Pendidikan Terpadu bagi Anak Cacat. (UU RI No 20 Tahun 2003)
Pendidikan jasmani atau pendidikan gerak merupakan salah satu bidang pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana bagi setiap anak didik mengembangkan potensi diri baik fisik maupun mental (Dimyati 2000 : 45)
Pendidikan kesegaran jasmani merupakan bagian terpadu dari proses pendidikan secara keseluruhan yang menuju kepada keserasian antara segi-segi jasmani, mental, emosional dan sosial melalui aktivitas jasmani yang terpilih dengan maksud untuk merealisasikan hasil-hasil pendidikan tersebut. Sebagian besar warga masyarakat di Indonesia belum memberikan perhatian yang layak terhadap eksistensi pendidikan jasmani dan kedudukan serta perannya dalam pendidikan secara keseluruhan. Demikian pula halnya, belum banyak yang menyadari bahwa pendidikan jasmani dan olahraga dapat menjadi sarana efektif atau terapi bagi peningkatan rasa percaya diri anak-anak, termasuk anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran. SLB Don Bosco di kabupaten Wonosobo merupakan sekolah luar biasa bagian B yang berlokasi di jalan Sambek 33 Wonosobo dan berasrama. Pada tahun 1936 para suster Putri Maria dan Yosep telah membuka sekolah Lembaga Pendidikan Anak Tuna Rungu Dena Upakara di jln. Mangli – Wonosobo. Pada awalnya mereka mengajar baik putra maupun putri. Baru berjalan selama 2 tahun, usaha mulia itu terganggu perang dunia II dengan segala akibatnya. Setelah situasi kembali kondusif, para suster kembali membuka pintu sekolah dan tentunya mengulang ajakan untuk bekerjasama, agar para Bruder Karitas mau mendirikan sekolah untuk anak tunarungu, karena sangat dibutuhkan tenaga untuk putra. Permohonan itu terjadi realita pada tahun 1955. (sejarah LPTAR )
Pada tahun 1953 Kongregasi Bruder Karitas mengambil keputusan untuk membuka lembaga anak tuli bagian putra di Wonosobo yang berada tidak jauh dari Lembaga Pendidikan Anak Tuna Rungu (LPATR) Dena Upakara, yang sekarang khusus mendidik untuk anak-anak tunarungu bagian putri. Sarana dan prasarana untuk lembaga ini mulai dipersiapkan baik di Wonosobo maupun di negeri Belanda. Pada tanggal 08 Desember 1955 rombongan para Bruder Karitas yang berasal dari purworejo mendampingi para bruder pionir membuka lembaga ini untuk memulai berkarya. Setelah semua disiapkan pada tanggal 8 januari
1956,tiga puluh enam putera pindah dari Lembaga Pendidikan Anak Tuna Rungu (LPATR) Dena Upakara ke Lembaga Pendidikan Anak Tuna Rungu (LPATR) Don Bosco. Satu hari kemudian senin, 9 januari 1956 pintu-pintu sekolah dibuka untuk pertama kali dan kegiatan belajar mengajar dimulai. SLB Don Bosco sendiri menerima murid pada usia 5 – 6 tahun. Dengan tujuan menjadi pendidikan kaum tuna rungu di wilayah kabupaten Wonosobo. Seiring dengan perkembangannya,sekolah ini juga mampu menunjukkan prestasi dalam bidang keolahragaan, dan yang paling menonjol adalah prestasi dalam Kejuaraan Bola Basket. SLB B di Wonosobo ini telah beberapa kali meraih juara. Dapat dilihat sebagian prestasi SLB B dalam Tabel-Tabel di bawah ini bahwa Bola Basket yang paling banyak meraih juara.
Tabel 1.2 Data Prestasi Siswa SLB Don Bosco
No | Juara | Cabang | Thn | Tingkat | Dalam Rangka | |
Pendidikan | Regional | |||||
1 | 1 | Basket | 1985 | Umum | Kabupaten | HUT GKI |
2 | 2 | Basket | 1985 | Kabupaten | HUT GKI | |
3 | 1 | Seni lukis | 1985 | Umum | Kabupaten | Hari Anak Nasional |
4 | 1 | Voli | 1990 | SMP | Kabupaten | HUT Rep.Indo |
5 | 3 | Basket | 1994 | Umum | Kabupaten | HUT GKI |
6 | 2 | Basket | 1995 | Pelajar | Kabupaten | HUT Rep.Indo |
7 | 1 | Basket | 1995 | SMA | Kabupaten | Piala Dan Dim 0707 |
8 | 1 | Basket | 1996 | SMP | Kabupaten | Piala Dan Dim 0707 |
9 | 1 | Basket | 1996 | SMA | Kabupaten | HUT SMA Kristen |
10 | 1 | Basket 3 on 3 | 1997 | Umum | Kabupaten | HUT SMA Kristen |
11 | 1 | Basket | 1997 | SMA | Kabupaten | Piala Dan Dim 0707 |
12 | 3 | Basket | 1997 | SMA | Kabupaten | Piala Dan Dim 0707 |
13 | 1 | Basket | 1997 | SMP | Kabupaten | Piala Dan Dim 0707 |
14 | 3 | Basket | 1998 | SMP | Kabupaten | Piala Dan Dim 0707 |
15 | 1 | 100 m | 1998 | Kabupaten | Porseni Pelajar | |
16 | 1 | Lompat tinggi | 1998 | Kabupaten | Porseni Pelajar | |
17 | 3 | Lompat jauh | 1998 | Kabupaten | Porseni Pelajar | |
18 | 1 | Basket | 1998 | SMA | Kabupaten | Invitasi Bola Basket |
19 | 3 | Basket | 1998 | SMA | Kabupaten | Invitasi Bola Basket |
20 | 3 | Voli | 1998 | Kabupaten | HUT PGRI | |
21 | 1 | Basket | 1998 | Umum | Kabupaten | Piala Dan Dim 0707 |
22 | 1 | Basket | 1999 | Kabupaten | Piala Dan Dim 0707 | |
23 | 1 | Basket | 2000 | Kabupaten | Piala Dep Dik Bud | |
24 | 1 | Basket | 2001 | Kabupaten | Piala Bupati | |
25 | 2 | 100 m | 2003 | Pelajar | Nasional | POPCANAS |
26 | 2 | Estafet | 2003 | Pelajar | Nasional | POPCANAS |
27 | 1 | 100 m | 2004 | SMA | Kabupaten | POPDA KAB. |
28 | 1 | 200 m | 2004 | SMA | Kabupaten | POPDA KAB. |
39 | 1 | 400 m | 2004 | SMA | Kabupaten | POPDA KAB. |
30 | 1 | Lompat jauh | 2004 | Umum | Nasional | POPCANAS |
31 | 3 | Pentas Seni | 2004 | Umum | Propinsi | Pentas Seni PENCA |
32 | 1 | Mengarang | 2005 | SMPLB | Karesidenan | Porseni PLB |
33 | 2 | Melukis | 2005 | SDLB | Karesidenan | Porseni PLB |
34 | 2 | Melukis | 2005 | SDLB | Propinsi | Porseni PLB |
35 | 1 | Lari 100 m | 2005 | Bawah 17 th | Nasional | POPCANAS |
36 | 1 | Lari 200 m | 2005 | Bawah 17 th | Nasional | POPCANAS |
Dewasa ini, kejuaraan multi event paralympic yaitu kejuaraan berbagai cabang olahraga khusus bagi para penyandang ketunaan, mulai mendapat perhatian dunia luas termasuk Indonesia. Namun demikian khususnya, pembinaan prestasi bagi para penyandang ketunaan belum cukup mendapat perhatian, dan pembinaan prestasi sejak usia dini juga hanya dikonsentrasikan untuk mereka yang normal. Oleh sebab itu muncul minat untuk mulai menelusuri bagaimana sebenarnya potensi anak-anak penyandang ketunaan ini, khususnya ketunaan pendengaran, untuk dibina menjadi atllet-atlet yang handal dan mampu bersaing dalam event nasional maupun internasional. Untuk mengawali niat tersebut yang ingin terlebih dahulu diketahui adalah : Hubungan antara tingkat keterbelajaran gerak dan keterampilan menggiring bola basket siswa SD kelas atas dengan gangguan pendengaran di SLB B bagian putra “Yayasan Karya Bakti’’ Don Bosco Kabupaten Wonosobo.
I.2 Permasalahan
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dapat dikemukakan suatu rumusan masalah penelitian sebagai berikut :
1.2.1 Apakah ada hubungan antara tingkat keterbelajaran gerak dan keterampilan menggiring bola basket siswa SD kelas atas dengan gangguan pendengaran di SLB B bagian putra “Yayasan Karya Bakti’’Don Bosco Kabupaten Wonosobo?
1.2.2 Berapa besar hubungan antara tingkat keterbelajaran gerak dan keterampilan menggiring bola basket siswa SD kelas atas dengan gangguan pendengaran di SLB B bagian putra “Yayasan Karya Bakti’’Don Bosco Kabupaten Wonosobo?
No comments:
Post a Comment