ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari variabel-variabel produk, harga, lokasi, promosi, dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen rumah tipe menengah di Perumahan Bukit Cemara Tujuh di Kota Malang. Dan untuk menganalisis variabel apa yang paling dominan pengaruhnya. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah simple random sampling yang diambil secara acak berjumlah 59 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pengujian hipotesisnya menggunakan uji F, uji T statistik dan uji ekonometrik menggunakan program SPSS Windows versi 11.0
Hasil analisa data menunjukkan menunjukkan variabel produk, harga, lokasi, promosi, dan fasilitas secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen perumahan Bukit Cemara Tujuh. Variabel produk dan harga merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen, sedangkan faktor lainnya menjadi faktor pendukung yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam pembelian rumah. Variabel produk, harga, lokasi, dan fasilitas mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel promosi mempunyai pengaruh yang negatif terhadap kepuasan konsumen. Variabel kepuasan konsumen yang dapat diterangkan oleh variabel produk, harga, lokasi, promosi dan fasilitas sebesar 98.4 %, sedangkan sisanya 1.6 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
ABSTRACT
This research is aimed to analysis significantcy effect of product, price, location and facility variables conserning to consumer satisfaction of midle type houses at Bukit Cemara Tujuh, Malang. And also for analysis which one that have dominant effect of it. Simple Random Sampling is used to determine research object, 59 respondent token by disordered sample. Multiple Linear Regresion models used for analysis tools, that hypotesis testing used F and T test also econometric test helped with SPSS Windows version 11.0 programs.
The results of the research indicate that product, price, location, promotion and facility variables simultantcy and partially have significant effect to Bukit Cemara Tujuh consumer satisfaction. Product and price variable are the most dominant effect of it, min while the others are became supporting variables that influence satisfaction consumer degree in houses buying decition. Product, price, location, and facility variables have positive effect toward consumer satisfaction, while promotion variable have a negative effect. Consumer satisfaction variable that could be described by product, price, location, promotion and facility variables are about 98.4%, and the rest 1.6% showed by another variables out of model.
PENDAHULUAN
Melihat perkembangan masyarakat yang tidak lagi memandang rumah sebatas pada fungsinya sebagai tempat berlindung, tetapi juga mulai mempertimbangkan aspek kenyamanan, keamanan bahkan estetika bagi kelompok masyarakat tertentu, maka penting bagi para pengembang untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Untuk itu pengetahuan tentang perilaku konsumen harus menjadi perhatian yang serius bagi para pengembang dalam memasarkan produknya. Data dari Pusat Studi Properti Indonesia [PSPI] menunjukkan kebutuhan rumah di Indonesia per tahun mencapai 1.2 juta unit. Swasta sebagai penyelenggara pengadaan perumahan melaksanakan berdasarkan pertimbangan profit motive sehingga pembangunan rumah ditujukan tipe menengah ke atas yang peruntukkannya bagi golongan masyarakat tertentu. Hal ini disebabkan karena perumahan tipe menengah membidik segmen masyarakat menengah ke atas sehingga diharapkan produk rumah yang mereka bangun akan laku terjual tetapi hanya yang mempunyai lokasi yang strategis dan fasilitas yang memadai. Jelas bahwa pada rumah tipe menengahlah yang paling banyak diminati oleh pengembang setelah masa krisis moneter ini, dan semakin besarnya tuntutan konsumen rumah tipe menengah atas perbaikan kualitas rumah yang dibelinya, mendorong peneliti mengambil penelitian pada rumah tipe menengah.
Perumusan Masalah
- Apakah variabel produk, harga, lokasi, promosi, dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen rumah tipe menengah di Perumahan Bukit Cemara Tujuh di Kota Malang.
- Variabel apa yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen rumah tipe menengah di Perumahan Bukit Cemara Tujuh di Kota Malang.
No comments:
Post a Comment