PENGENDALIAN GERUSAN LOKAL DI PILAR DENGAN CHASING PENGAMAN

 On 31 August 2011  

BAB I


PENDAHULUAN


1.1    Latarbelakang Masalah


Peranan  sungai  sebagai  penunjang  kebutuhan  manusia   pada  saat  ini sungguh  tidak  bisa  di  pungkiri.  Hal  ini  menyebabkan  fungsi  sungai  bukan sekedar  sarana  mengalirkan  air,  akan  tetapi  mampu  memberi  nilai  ekonomis dalam  berbagai  bidang,  mulai  dari  pembangkit  listrik,  penyediaan  air  baku, sarana transportasi, pertanian dan sebagainya.


Sungai secara umum memiliki suatu karakteristik sifat yaitu terjadinya perubahan  morfologi  pada bentuk  tampang  aliran.  Perubahan  ini bisa terjadi dikarenakan oleh  faktor  alam  dan  faktor  manusia  seperti  halnya  pembuatan bangunan-bangunan  air  seperti  pilar,  abutmen,  bendung  dan  sebagainya.  Sifat sungai yang dinamis, dalam waktu tertentu   akan mampu menjadikan  pengaruh kerusakan  terhadap  bangunan  yang  ada  disekitarnya.  Oleh  karena  itu,  proses gerusan yang terjadi perlu dipelajari  untuk dicari cara-cara pengendaliannya agar bangunan yang dibuat dapat bertahan dari pengaruh kerusakan.


Gerusan  dipilar  pada    umumnya  bisa  terjadi  disebabkan  oleh  adanya gangguan oleh pilar dan aliran akan kembali seimbang dengan efek sedimentasi. Akibat  dari  dibangunnya  pilar  pada  sungai,  aliran  air yang  menuju  pilar  akan membentur dan bergerak tegak lurus kearah dasar saluran. Aliran yang bergerak tersebut  membentuk  pola  tapal  kuda  (Horse  Vortek) yang  punya  peran  sangat dominan dalam terjadinya gerusan di pilar ataupun sekitar pilar.


Keruntuhan  jembatan  yang  sering  terjadi  bukan  hanya  disebabkan  oleh gerusan semata akan tetapi juga disebabkan oleh faktor liquifaction, atau getaran yang diakibatkan oleh beban kendaraan yang lewat.  Akibat dari dua kejadian ini, pilar  jembatan   akan  berada  pada  posisi  tergantung,   dan  akan  mengalami keruntuhan (rapture).   Untuk mengendalikan  gerusan yang terjadi akibat vortek system ini maka dipakai tabung   (chasing formed) yang di tempatkan pada pilar dengan ketinggian tertentu.


1.2    Keaslian Penelitian


Di Indonesia banyak sekali penelitian yang mengambil  tema gerusan atau pengendalian  gerusan.  Munadi  (2002)  mengambil  tema gerusan  gerusan  akibat bentuk pilar tapi belum membahas tentang proteksi, Bonasoundas (1973) dalam Brouser  (1991)  dan  Graf  (1998)  melakukan  proteksi  gerusan  disekitar  pilar jembatan  dengan membuat riprap. Rinaldi (2002) mengendalikan gerusan dengan plat  yang  dipasang     melingkar  terhadap  abutmen.  Hal  inilah  yang  mendorong perlunya dilakukan studi eksperimen tentang pemasangan chasing atau selubung pada  lingkaran   pilar  guna  mengendalikan   gerusan   dipilar   jembatan.  Dari eksperimen  ini diharapkan  dapat mengetahui  pola aliran di sekitar plat dengan menempatkan sebuah pipa chasing yang menyelubungi pilar.


1.3    Batasan Masalah



Penelitian  ini  dilakukan  di  Laboratorium  Hidrolika  Universitas  Negeri Semarang dengan alat Reciculating  Sediment Flume, dengan panjang   6m lebar 0,21m dan tinggi  0,40m.  Model pilar yang digunakan adalah pipa PVC  warna putih dengan diameter 32,95, dengan diameter chasing 2d pilar. Kondisi aliran adalah  permanen  seragam  (steady-  uniform  flow).  Material  dasar  adalah  pasir yang  lolos  saringan  ayakan  no  10  dan  tertahan  diayakan  200.  Aliran  yang digunakan  adalah  aliran  tanpa  kandungan  sedimen  (clear-water  scour).  Pola gerusan yang diamati adalah pola tiga dimensi dengan pengukuran arah X,Y,Z.


1.4    Rumusan Masalah


Pokok   masalah  dalam penelitian ini adalah  bagaimana pengaruh penempatan chasing yang dipasang pada pilar terhadap pola aliran, pengaruh pemakaian chasing terhadap kedalaman gerusan dan posisi penempatan chasing yang paling efektif untuk pengendalian gerusan.

PENGENDALIAN GERUSAN LOKAL DI PILAR DENGAN CHASING PENGAMAN 4.5 5 Win Solution 31 August 2011 BA B I P E NDAHULUAN 1 .1    Latarbelakang Masalah Peranan  sungai  sebagai  penunjang  kebutuhan  manusia   pada  saat  ini sungguh  tidak ...


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk file/softcopy langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme. Cara pesan: Telpon kami langsung atau ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 089 9009 9019

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

No comments:

Post a Comment

Jurnalskripsitesis.com. Powered by Blogger.

Blog Archive