BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat disertai dengan persaingan dalam dunia usaha. Salah satu penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam aplikasi-aplikasi komputer yang semakin marak baik di dunia usaha maupun di dunia pendidikan.
Perkembangan komputer yang pesat bisa dilihat dengan adanya pusat- pusat pendidikan komputer yang memudahkan masyarakat untuk bisa menikmati teknologi komputer yang dahulu hanya dimiliki kalangan terbatas, hal ini dibuktikan dengan adanya komputerisasi disegala bidang contohnya: bidang ekonomi, sosial, pendidikan, politik budaya, kesehatan, manajemen, administrasi dan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta.
Sekolah sebagai salah satu bentuk organisasi merupakan pelaksana teknis pendidikan formal. Struktur organisasi sekolah tersebut terlihat hubungan antara kepala sekolah, guru, siswa, dan pegawai tata usaha sekolah serta pihak lain di luar sekolah.
Kita ketahui fungsi manajemen sekolah adalah pengelolaan data siswa, guru dan karyawan. Pengelolaannya kebanyakan masih menggunakan sistem pemrosesan manual yang masih memiliki banyak kekurangan. Misalnya membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Sistem pemrosesan manual (berbasis kertas) merupakan bentuk pemrosesan dasar berupa setumpuk rekaman yang disimpan di rak-rak berkas. Jika suatu berkas diperlukan berkas tersebut harus dicari pada rak-rak tersebut (Kadir, 1999:12). Konkritnya, sistem pemrosesan berkas memiliki kekurangan antara lain: kemubadziran data, keterbatasan berbagi data, ketidakkonsistenan dan kurangnya integritas, serta ketidakluwesan (Kadir, 1999:12).
Di sekolah SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati untuk melakukan pendataan guru, siswa dan karyawan masih menggunakan sistem berkas (kertas) artinya mencatat data guru, siswa dan karyawan di kertas. Padahal di SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati sudah mempunyai komputer tapi tidak dimanfaatkan dengan maksimal, yang sering dipakai yaitu dengan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Padahal kita tahu sekarang sudah banyak beredar software komputer dimana mempunyai fungsi untuk mempermudah seorang pemakai untuk mengoperasikannya. Untuk mencatat data siswa tiap tahun ajaran baru pasti ada siswa yang masuk dengan jumlah banyak dan saat inilah mulai proses memasukkan data siswa satu persatu. Beda dengan guru dan karyawan mungkin tiap tahun hanya ada satu atau dua orang yang masuk, pensiun atau keluar yang bisa disebabkan karena pindah atau meninggal dunia. Memasukkan data siswa satu persatu dengan cara dicatat di kertas, memerlukan waktu lama karena harus dikelompokkan menurut kelas dimana siswa itu diterima.
Hal seperti ini juga menyulitkan saat kita sewaktu-waktu ingin mencari data guru, siswa dan karyawan karena kita harus mencari ditumpukan berkas tersebut. SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati memiliki 15 kelas yang terdiri dari kelas I, kelas II dan kelas III.
Perlu diketahui komputer juga dapat digunakan untuk perhitungan- perhitungan yang rumit dalam skala besar serta kemampuannya dalam menyimpan atau memberikan suatu informasi, dan juga dapat digunaka sebagai media telekomunikasi apabila dihubungkan dengan jaringan telepon atau biasa sering disebut dengan internet. Tetapi juga dapat digunakan untuk menyimpan dokumen penting atau sebagai pusat data (database) yang dapat dijadikan informasi yang bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkannya.
Salah satu perangkat lunak pengembangan program aplikasi database dengan Microsoft Visual Basic 6.0 yang lahir dari perkembangan teknologi basis data menggunakan komputer perangkat lunak (software) merupakan bahasa pemrograman yang canggih. Microsoft Visual Basic 6.0 adalah bahasa pemprograman berbasis Microsoft Windows. Sebagai bahasa pemprograman yang mutakhir, Microsoft Visual Basic 6.0 di desain untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam Microsoft Windows. Dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 penulis tertarik untuk membuat suatu basis data guru, data siswa dan data karyawan disekolah yang berisikan data lengkap dari guru, siswa dan karyawan. Alasan memakai Visual Basic (VB) karena secara mendasar VB mirip dengan bahasa pemrograman yang lain, misalnya BASIC, C dan Pascal (tetapi tentu saja sintaks dari tiap-tiap bahasa tidak sama persis). Lompatan besar VB adalah kemampuannya untuk memanfaatkan Windows dan cara penggunaannya juga berbasis visual seperti aplikasi Windows lainnya, misalnya untuk mengatur besarnya jendela cukup dengan men-drag form yang tersedia dengan mouse sehingga diperoleh ukuran yang dikehendaki (Dewobroto W, 2002:3)
Dari latar belakang tersebut, maka penulis mengambil judul penerapan Microsoft Visual Basic 6.0 dalam manajemen pembuatan basis data guru, siswa dan karyawan di sekolah SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati.
B. PERUMUSAN MASALAH DAN PEMBATASANNYA
1. Perumusan Masalah
Melihat latar belakang masalah tersebut, maka penulis akan merumuskan masalah yaitu bagaimana aplikasi dan proses kerja program basis data guru, siswa dan karyawan sekolah di SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati dengan menggunakan program Visual Basic 6.0?
2. Pembatasan Masalah
Manajemen sekolah mencangkup berbagai bentuk kegiatan, sehingga seluruh kegiatan tidak mungkin dibuat program basis datanya. Berdasarkan pertimbangan waktu, pada kegiatan ini hanya dapat dibuat basis data siswa, guru dan karyawan sekolah. Bahasa program yang digunakan adalah bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.
No comments:
Post a Comment